Uas ala Adk

[ *UAS Ala Adk* ]
Oleh: E.Satria EP
Yupp.  tak salah lagi sob kita bentar lagi akan hadapi UAS Alias ujian akhir semester. Ya merupakan hari2 yg sangat ditunggu2 kehadirannya dan disambut dg suka cita penuh gembira... Betulkan sob. ?Hehe
Kembali ke topik masalah ini yaitu uas. Tau kah kita,bahwa Uas  dikampus itu Khsusnya di Unand ini ada dua persi looh.. Pertama,persi biasa Alias standar laah ,yg artinya kebanyakan org lakukan. Kedua, persinya anak Adk yang pasti jarang orang lakukan . Anti Mainstream lah pokoknyaa 
Hal ini di maksudkan dg harapan agar para  Adk memakai Uas persi yg ini ni .Agar Uas nya ndk hanya skedar sukses tapi  berkahnya dapat dan tentunya Di Redhoi Allah.
Nah, maksud persi Adk ini adalah Uas yg mempunya CITA RASA tinggi Dan berbeda dri yg lainnnya.. Tpi ada ciri2nya loh dan merupakan sbuah tips dan metode utk kita semua agar uas kali ini benar2 mnunjukan kekhasan Adk. Yg ngaku  Adk harus lakukan ini alias memakai Uas persi ini.
Baik, pertama adalah kalau  Adk tentunya udah belajar maksimal jauh2 hari untuk mempersiapkan Uas. Saban hari udah belajar Dan mempersiapan diri dg maksimal shingga pas mau Uas ndk ketetran,apalagi makai sistem SKS (sistem kuliah semalam). Allah... Bahaya kalau kek gini lah.. 
Selain itu, Ketika Uas Adk itu duduknya pasti paling depan, bahkan kalau bisa dduk pas banget didepan pengawas . Sbb anak Adk mana level duduk bagian belakang. Gengsi doong.. Hehe. Bkan gtu jga sih.  Tpi emang gtu, Adk tu ndk sanggup kalau duduk dbelakang krena godaan paling kuat baik utk mencontek atau membri contekan. Nah ini nih yg bahaya Dan mrupakan JUTSU TERLARANG yg dilakukan oleh anak Adk.
Lalu, Adk tu yaa datang nya Ontime banget,pas2an jam masuk gitu. Maksudnya dia datang pas 5 mnit sblum ujian dmulai atau barengan datang nya dg pengawas ujian . Bkan datang pagi2.  Karena kalau datang agak akhir tu biasanya kursi bagian depan bnyak yg kosong. Krena mahasiswa ketika ujian pasti datang nya diawal2 hanya utk cari tempat strategis dibelakang atau di bagian2 sudut. Sedangkan di bagian depan bnyk yg kosong.  Naah, dsini ni strategi Adk Main Dan kesempatan biar bisa duduk paling depan. Atau mmg disengajakan datang pagi2 hanya utk dpat duduk paling depan. Ini ni baru paling kereen... Hehe
Stu lagi ni yg perlu diperhatikan Adk adalah,  kita sbg muslim sama2 Tau bahwa nilai itu diberikan oleh Allah swt. Allah lah yg kasih kita nilai bukan Dosen. Dosen hanya sbg perantara yg diberi tugas oleh Allah utk membantu menuliskan nya saja. Sedangkan pemberi nilai Sebenarnya tentu adlah Allah.
Maka satu hal yg mesti ditekankan dsini adalah ketika ujian yg mesti diutamakan adalah keberkahannya. Jdi knapa kita terllu khwatir dg jawabann kita sehingga menghalalkan semua cara agar lembaran jawaban kita terisi penuh dan maksimal. Salah satunya adalah kita bgtu tega hiraukan panggilan Allah kala adzan berkumandang pas Kita lgi ujian.
Nah, disini ni kita sebagai Adk yg sering jatuh dan tak jarang kenaknya disini. Kita Masih tetap enak laksanakan ujian dan tulis2 tu di kertas jawaban kita padahal adzan sudah berkumandang baik adzan Dzuhur atau Ashar. Sbb sama2 kita ktahui jadwal ujian dikampus kita Itu sering dan biasanya selalu bentrok dg jadwal sholat. Dan dsini Bagaimana langkah kita sbg muslim dan Aktivis dakwah..?? 
Yang harus kita lakukan disini adalah ketika adzan berkumandang maka hendaknya  kita ucapkan "HAMDALAH" dan kita tutup kertas jawaban kita, kemudian mntak izin ke pihak pengawas lalu bergegas kita menuju musholah terdekat utk sholat berjamaah dg saudara2 kita yg lain. Dan dsini lah  yg terkadang kita hiraukan,menganggap biasa aja dg melalaikan sholat. Seharusnya ndk kita anggap biasa. Sbb tak jarang waktu ujian itu selesai ketika 30 mnit bahkan lebih setelah waktu sholat masuk. Naah ini bahaya ini.. Kalau begini patut dipertanyakan MARWAH kita sbg muslim dan juga sbg aktivis dakwah...!
Berdakwah Itu ndk mesti selalu dimimbar2 atau dikajian2. Melainkan ktika kita sudah ber azam diri sbg kader dakwah maka setiap *Melimeter lekuk Tubuh* kita adalah dakwah, yg jadi panutan dan cerminan bagi teman2 kita yg lain. Sbb seperti kata imam Hasan Albana, *"muslim sejati itu adalah kitab terbuka yg semua org dapat membaca nya, kemanapun ia pergi ia adalah dakwah yg bergerak."*
Nah, maka dari itu mari kita lakukan dan terapkan kata2 yg disampaikan oleh Imam hasan al Bana itu. Dg menjadi dakwah ya Bergerak. Termasuk saat ujian. Pas adzan berkumandang kita tinggalkan dulu ujian kita. Sbb coba bayangkan kalau kita banyak dan Serentak setiap kelas izin keluar pergi sholat maka gmana kan respon org2 thp kita. Kan keren itu. Hehe.
Baik itulah sdkit curhatan ane kali. Smoga ada manfaatnya...
.
.
.... *Dan Selamat Menjalankan Ibadah "UAS" Bagi yg Menjalankan nya*...
Smoga Uas kita semua berkah, sukses, lancar dan di ridhoi Allah swr. Aamiin.. 
...
.
Ig:@egip_satriaep

Komentar